Home / Indonesia Super Leagues News / GTS Gelar Liga Nusantara
gts

GTS Gelar Liga Nusantara

PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dipastikan menggelar Indonesia Soccer Championship (ISC) Liga Nusantara. Bulan ini turnamen tingkat provinsi itu digulirkan di Nusa Tenggara Timur.

ISC Liga Nusantara merupakan turnamen dengan strata kompetisi di level amatir. Digelar dari tingkat provinsi, penyelenggaraan ISC Liga Nusantara dilakukan lewat kerja sama dengan Asprov PSSI. Juara dari tingkat provinsi bakal melaju dan tampil di tingkat nasional.

Dalam proses pelaksanaannya, 34 provinsi di Indonesia dibagi dalam tiga wilayah, barat, tengah, dan timur. Khusus terkait wilayah timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi provinsi pertama yang menggulir tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016.

Turnamen ini sudah mulai bergulir Senin (11/7) kemarin dan direncanakan akan rampung sampai 27 Juli 2016 di dua stadion yang terletak di Kota Kupang. Dua stadion itu sendiri adalah Stadion Oepoi Kupang dan Stadion Merdeka Oeba. Laga pembuka mempertemukan tuan rumah PSKK Kota Kupang dengan Persedaya Sumba Daya Barat.

“Sebenarnya, NTT bukan provinsi pertama yang menggelar tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016. Jawa Tengah yang masuk dalam Wilayah Barat lebih dulu menggelar tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016 sejak Mei 2016,” demikian tercantum dalam situs resmi ISC.

Menyoal konsep pertandingan turnamen ini, di babak fase grup, 14 klub terbagi dalam 3 grup yang memainkan sistem kompetisi home tournament dan setengah kompetisi. Juara, runner-up, dan urutan 3 dari Grup A dan B yang dihuni masing-masing 5 tim akan melaju ke fase 8 besar yang akan digelar dengan sistem gugur.

PT GTS, selaku operator kompetisi, saat ini terus melakukan sosialisasi kepada Asprov PSSI sejak Mei 2016. Dalam sosialisasinya tersebut, PT GTS meminta Asrov PSSI untuk menyerahkan rencana penyelenggaraan tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016 di masing-masing provinsi. Mulai dari jumlah klub peserta, sistem kompetisi yang digunakan, dan jadwal penyelenggaraan.

Targetnya, September 2016 tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016 sudah rampung digelar sehingga pada November 2016 tingkat nasional ISC Liga Nusantara 2016 sudah bisa diputar.

Berikut Pembagian Grup Tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016 NTT :

Grup A
PSKK Kota Kupang
Persedaya Sumba Barat Daya
Perse Ende
PSK Kabupaten Kupang
Persematim Manggarai Timur

Grup B
PSN Ngada
Persebata Lembata
Persewa Waingapu
Persemal Malaka
Persamba Manggarai Barat

Grup C
Persab Belu
Persap Alor
Perseftim Flores Timur
Persami Maumere

About PusatBola

Check Also

riedl

Impian Riedl Buat Sejarah Dengan Timnas Indonesia

Alfred Riedl mempunyai misi bersama Indonesia di ajang AFF Suzuki Cup 2016. Pelatih asal Austria …

contact agen bola
  1.     CS 1 -
  2.     CS 2 -
  3.     CS 3 -