Home / World Cup News / Immobile Cetak Dua Gol Bawa Italia Unggul Dari Makedonia
Immobile

Immobile Cetak Dua Gol Bawa Italia Unggul Dari Makedonia

Kemenangan dramatis diraih Italia atas Makedonia di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Italia yang sempat tertinggal akhirnya menang usai Ciro Immobile mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan 3-2.

Dalam pertandingan di Nacionalna Arena Filip II Makedonski, Senin (10/10/2016) dinihari WIB, pelatih Italia, Giampiero Ventura, melakukan enam perubahan pada susunan pemainnya menyusul cederanya Riccardo Montolivo dan Giorgio Chiellini serta dicoretnya Graziano Pelle.

Andrea Bellotti mendapat kesempatan untuk menjalani debutnya sebagai starter bersama timnas Italia. Sementara lini tengah kembali diperkuat oleh Marco Verratti.

Italia memimpin 1-0 saat jeda berkat gol Belotti. Tapi Makedonia bangkit di babak kedua dengan mencetak dua gol cepat, masing-masing lewat Ilija Nestorovski dan Fernan Hasani, untuk berbalik unggul 2-1.

Ciro Immobile lantas menjadi pahlawan Italia. Setelah mencetak gol di menit ke-75 untuk menyamakan kedudukan, Immobile kembali menjebol gawang Makedonia di menit ke-91 untuk memberi Italia kemenangan.

Dengan hasil ini, Italia masih menempel Spanyol di klasemen Grup G dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Gli Azzurri menempati posisi kedua setelah kalah selisih gol dari Spanyol. Sementara Makedonia ada di posisi lima dengan poin nol.

Jalannya Pertandingan

Italia sempat mencetak gol di menit kesembilan lewat sepakan Antonio Candreva. Tapi wasit menganulirnya karena menilai Candreva sudah lebih dulu berada dalam posisi offside saat menerima bola dari Ciro Immobile.

Makedonia gantian mengancam di menit ke-15. Memanfaatkan kesalahan Alessio Romagnoli, Makedonia melakukan serangan balik. Tapi penyelesaian akhir Ezgjan Alioski hanya mengenai sisi luar jaring gawang Italia.

Tiga menit kemudian, Makedonia kembali menebar ancaman. Tuan rumah nyaris bikin gol lewat sepakan voli Ilija Nestorovski. Beruntung untuk Italia, tendangan Nestoroski itu masih membentur mistar gawang.

Terus ditekan, Italia lantas merespons. Sebuah serangan balik di menit ke-22 menghasilkan peluang bagus untuk Italia. Candreva yang bergerak di sisi kanan kemudian melepaskan umpan silang yang diteruskan oleh Immobile. Tapi bola masih bisa dihalau oleh kiper Makedonia, Martin Bogatinov, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok tersebut, Italia akhirnya membuka keunggulan. Andrea Belotti melepaskan diri dari kawalan pemain Makedonia untuk menyambut tendangan sudut Federico Bernardeschi dan meneruskannya dengan sepakan voli.

Makedonia mendapat peluang usai memanfaatkan kesalahan pemain Italia yang kehilangan bola dengan mudah. Alioski kemudian melepaskan umpan yang diteruskan Nestorovski dengan sundulan. Tapi upayanya itu terlalu lemah dan tak menyulitkan Gianluigi Buffon.

Jelang turun minum, Italia tak mampu memanfaatkan kans yang didapat untuk menggandakan keunggulan. Umpan Candreva dari sisi kanan gagal dimaksimalkan oleh Giacomo Bonaventura. Pemain AC Milan itu kurang siap kala menerima bola dari Candreva dan sundulannya melenceng dari gawang. Italia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Makedonia berbalik unggul dengan cepat. Dua gol mereka lesakkan dalam kurun waktu dua menit untuk membalikkan keadaan.

Makedonia mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-57. Berawal dari kesalahan Verratti dalam mengoper, bola jatuh ke kaki Nestorovski. Striker Makedonia itu kemudian melakukan penetrasi hingga ke depan kotak penalti dan, tanpa tekanan berarti dari bek-bek Italia, dia melepaskan tembakan ke pojok kanan bawah gawang yang tak bisa dijangkau oleu Buffon.

Dua menit kemudian, Makedonia kembali mencetak gol. Italia lagi-lagi melakukan kesalahan dengan kehilangan penguasaan bola dan Makedonia memanfaatkannya dengan melakukan serangan balik. Goran Pandev kemudian mengoper bola kepada Nestorovski dan bola memantul. Bola liar disambar oleh Ferhan Hasani di depan kotak penalti dan tak bisa dihentikan Buffon.

Italia nyaris tertinggal 1-3 dari Makedonia. Tapi Buffon melakukan penyelamatan bagus untuk menepis sundulan Daniel Mosjov.

Italia menyamakan kedudukan di menit ke-75. Veratti mengawali dengan memberi umpan terobosan kepada Candreva yang kemudian melepaskan umpan kepada Immobile. Immobile menyambutnya dengan sepakan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh.

Setelah menyamakan kedudukan, Italia terus berupaya menekan. Sejumlah peluang bagus didapat, tapi Bogatinov yang mengawal gawang Makedonia mampu menggagalkannya. Dia menepis upaya Candreva di menit ke-83 dan sundulan Marco Parolo yang meneruskan sebuah sepak pojok.

Italia sempat mencetak gol di menit ke-89 lewat sundulan Parolo yang meneruskan umpan Veratti. Tapi wasit menganulirnya karena menilai Parolo sudah ada dalam posisi offside.

Italia akhirnya melengkapi comeback-nya di masa injury time. Immobile menjadi pahlawan dengan mencetak gol di menit ke-91. Candreva mengangkat bola ke arah tiang jauh dan Immobile meneruskannya dengan sundulan untuk menjebol gawang Makedonia. Italia pun pulang dengan kemenangan 3-2 atas Makedonia.

Susunan Pemain

Makedonia: Bogatinov; Mojsov, Sikov, Ristevski; Ristovski, Hasani (Trajcevski 83), Spirovski, Alioski, Zhuta (Ibraimi 46); Pandev, Nestorovski (Petrovikji 68)

Italy: Buffon; Barzagli, Bonucci, Romagnoli; Candreva, Bernardeschi (Sansone 64), Verratti, Bonaventura (Parolo 64), De Sciglio; Belotti (Eder 84), Immobile.

About PusatBola

Check Also

bauza

Bauza Tetap Optimis 100% Argentina Lolos Ke Piala Dunia 2018

Hasil buruk Argentina belakangan ini tak menyurutkan keyakinan sang pelatih, Edgardo Bauza, soal peluang lolos …

contact agen bola
  1.     CS 1 -
  2.     CS 2 -
  3.     CS 3 -