Home / World News / Sebuah Gol Kontroversial Peru Singkirkan Brasil Dari Copa America
brasil

Sebuah Gol Kontroversial Peru Singkirkan Brasil Dari Copa America

Langkah Brasil di Copa America Centenario tuntas di babak grup. Selecao tersingkir usai dikalahkan Peru 0-1 lewat gol kontroversial.

Menghadapi Peru di Gillette Stadium, Senin (13/6/2016) pagi WIB, Brasil sebenarnya cuma butuh hasil imbang untuk melangkah ke perempatfinal. Tim besutan Carlos Dunga bagaimanapun tetap mengusung pendekatan menyerang.

Brasil dominan dalam penguasaan bola dengan persentase mencapai 66% seperti dicatat ESPN. Mereka melepaskan 14 percobaan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sedang Peru cuma punya empat upaya di mana separuhnya menemui sasaran.

Brasil mendapatkan pukulan telak saat di menit ke-73, sebuah serangan dari sisi kiri pertahanan dituntaskan Raul Ruidiaz di depan gawang menjadi gol. Brasil protes karena menilai Ruidiaz menyentuh bola dengan tangannya, sebagaimana ditunjukkan juga oleh tayangan ulang.

Tapi setelah beberapa saat berunding dengan ofisial, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Brasil coba menekan di sisa waktu, namun tak berhasil mencetak gol balasan.

Dengan hasil ini, Peru lolos ke perempatfinal sebagai juara Grup B dengan nilai 7 dari tiga laga, didampingi Ekuador (5 poin) yang lebih dulu memastikan melaju. Sementara Brasil harus terhenti setelah hanya mengumpulkan 4 poin.

Jalannya Pertandingan

Ancaman pertama dari Brasil tercipta di menit ke-12 melalui sepakan Filipe Luis dari luar kotak penalti. Upayanya ini masih bisa dihalau kiper Peru Pedro Gallese.

Berikutnya giliran Gabriel yang mengancam gawang Peru. Tapi sepakannya juga masih bisa diamankan Gallese.

Gallese kembali menyelamatkan gawang timnya dari tekancan Brasil, kala menepis bola tendangan Gabriel di menit ke-41. Sejauh ini Brasil tampil dominan dan lebih mengancam, tapi belum mampu mencetak gol.

Empat menit babak kedua berjalan, Peru mulai mengancam meski upaya dari Christian Cueva masih bisa diantisipasi kiper Brasil, Alisson.

Upaya Philippe Coutinho dari luar kotak penalti masih melebar ke kanan. Sementara eksekusi tendangan bebas Cueva untuk Peru tak lama berselang juga melenceng.

Di menit ke-70, Renato Augusto mengoper ke Coutinho di kiri. Coutinho lantas bergerak memotong ke kanan dan melepaskan sepakan. Bola masih bisa ditangani oleh Gallese.

Tiga menit berselang, Brasil kebobolan. Andy Polo merangsek di sisi kanan dan melepaskan umpan silang ke depan gawang. Bola disambut Raul Ruidiaz dan berbuah gol.

Gol ini kemudian mendapatkan protes keras dari Brasil, karena menilai Ruidiaz mencetak gol menggunakan tangan. Wasit sempat menghentikan sejenak laga untuk memutuskan, namun akhirnya tetap mengesahkan gol. Tayangan ulang sendiri menunjukkan bola memang mengenai tangan.

Brasil memanfaatkan sisa waktu untuk mencoba menggempur Peru. Peluang bersih pada prosesnya didapatkan di menit ketiga masa injury time.

Hulk melepaskan umpan silang dari kanan dan bola mengarah ke Elias yang lolos dari perangkap offside. Namun sial untuknya, bola gagal disambut dengan sempurna, cuma membentur badan dan mudah ditangkap Gallese.

Tak ada gol tercipta sampai peluit panjang dibunyikan. Brasil pun tersingkir dari Copa America Centenario.

Susunan pemain:

Brasil: Alisson; Alves, Marquinhos, Gil, Luis; Elias, Renato, Lucas Lima; Willian, Coutinho, Gabriel (Hulk 73′)

Peru: Gallese; Corzo, Ramos, Rodriguez, Trauco; Vilchez, Balbin (Yotun 46′); Polo, Cueva (Tapia 90′), Flores (Ruidiaz 64′); Guerrero

About PusatBola

Check Also

inggris

Timnas Inggris Kurang Sosok Pemain Playmaker

Timnas Inggris memang memilik banyak pemain bagus untuk posisi gelandang tengah. Namun Mereka masih belum …

contact agen bola