Home / World Cup News / Southgate Lebih Milih Kebugaran Para Pemain Inggris
southgate

Southgate Lebih Milih Kebugaran Para Pemain Inggris

Gareth Southgate manajer dari timnas Inggris memberikan pembelaan terkait keputusannya untuk melakukan rotasi pemain namun berakibat dengan kekalahan Inggris dari Belgia. Inggris memang sebelumnya sudah dipastikan tetap lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 ini dan Southgate sama sekali tidak mau membahayakan para pemain pilarnya.

Laga terakhir Grup G pada hari Jumat (29/6/2018) dini hari WIB yang berlangsung di Kaliningrad Stadium berakhir dengan kemenangan tipis Belgia 1-0 dari Inggris. Di laga tersebut Inggris lebih banyak memainkan para pemain lapis keduanya. Setidaknya delapan pemain utama tidak dimainkan di laga tersebut.

Beberapa nama yang tidak tampil seperti Harry Kane, Dele Alli, Jesse Lingard, atau Jordan Henderson yang kerap sebagai pemain starter bersama Inggris.

Bahkan Kane sama sekali tidak dimainkan walaupun ketika Inggris kalah tipis 0-1 dari Belgia di laga babak kedua. Pada akhirnya laga tetap berakhir dengan kemenangan tipis Belgia dan Inggris harus puas menempati posisi runner-up dengan laga di babak 16 besar nanti dan akan berhadapan dengan Kolombia sebagai juara dari Grup H.

Southgate memberikan penjelasan terkait dirinya yang lebih memilih melakukan rotasi pemain di laga ini demi menjaga para pemain tetap fit dan tidak cedera menjelang laga babak 16 besar nanti.

“Orang-orang akan bilang itu adalah keputusan tepat kalau kami menang, tapi itu adalah keputusan tepat karena kami bisa saja menjalani pertandingan sampai perpanjangan waktu dan membahayakan pemain yang tak perlu kami bahayakan,” ujar Southgate seperti dikutip ESPN.

“Kami tidak suka kalah dan tidak mau kalah, tapi kami meraih target utama dari malam ini. Dan jika kami memasukkan Harry selama 10 menit dan seseorang menerjang pergelangan kakinya, itu akan konyol. Pertandingan di fase gugur itu yang penting,” lanjutnya.

“Tentu kami punya tanggung jawab kepada suporter, dan dukungan di stadion sungguh luar biasa. Dukungan dan dorongan dari tanah air brilian. Tapi ketika Anda adalah seorang pemimpin dan manajer, Anda harus membuat keputusan yang tepat untuk tim Anda agar meraih target utama.”

“Kadang keputusan-keputusan itu akan dikritik. Saya paham. Tapi hanya satu orang yang membuat keputusan itu dengan fakta sepenuhnya dan mengelola turnamen di dalam pikiran: secara fisik, medis, taktik, untuk keuntungan tim.”

“Saya sepenuhnya nyaman dengan keputusan ini. Kadang kala Anda harus membuat keputusan untuk perspektif yang lebih besar,” katanya.

About PusatBola

Check Also

inggris

Timnas Inggris Kurang Sosok Pemain Playmaker

Timnas Inggris memang memilik banyak pemain bagus untuk posisi gelandang tengah. Namun Mereka masih belum …

contact agen bola