Home / Indonesia Super Leagues News / Suporter Rusuh, Persija Dikena Denda 100 Juta
persija

Suporter Rusuh, Persija Dikena Denda 100 Juta

Komisi Disiplin (Komdis) Indonesia Soccer Championship (ISC) akhirnya mengeluarkan rilis resmi terkait sanksi yang diberikan untuk Persija Jakarta. Sanksi itu diputuskan dalam sidang Komdis ISC yang digelar pada, 27 Juni 2016.

Seperti diketahui, tim Macan Kemayoran terkena sanksi lantaran kerusuhan suporter yang terjadi saat menjamu Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 24 Juni lalu. Ketika itu, pertandingan terpaksa dihentikan pada menit ke-81.

Saat laga dihentikan, Persija dalam kondisi tertinggal 1-0, lewat gol tendangan bebas Hilton Moreira. Dalam keputusannya, Komdis menyatakan Persija kalah 3-0 dan denda sebesar Rp100 juta.

Dalam keterangan putusan yang dilansir laman resmi ISC itu, denda tersebut wajib dibayar selambat-lambatnya tujuh hari setelah diterimanya keputusan tersebut.

“Pengulangan terhadap pelanggaran terkait akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat termasuk atau namun tidak terbatas larangan tanpa penonton,” tulis keputusan itu dalam laman ISC.

Sebelumnya, Menpora RI Imam Nahrawi, merekomendasikan suporter Persija, The Jakmania, dilarang menonton langsung dengan atribut mereka minimal dalam enam pertandingan. Itu melihat, banyaknya korban yang jatuh akibat kerusuhan tersebut. Namun ternyata rekomendasi itu tak langsung diterapkan Komdis ISC.

Di sisi lain, keputusan Komdis itu masih bisa dibanding sesuai dengan pasal 115 Kode Disiplin ISC.

Berikut keputusan Komdis ISC untuk Persija: 

1. Kompetisi: Torabika Soccer Championship 2016, presented by iM3 Ooredoo (Persija Jakarta vs Sriwijaya FC pada 24 Juni 2016)
Pelanggaran: Tanggung jawab tingkah laku penonton – flare, kembang api, petasan, smoke bomb dan terlibat bentrok dengan aparat keamanan (Pasal 24 dan 63 Kode Disiplin ISC)
Terhukum: Persija Jakarta (Klub)
Keputusan: Persija dinyakan kalah 0-3 dan denda sebesar Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)

Keterangan:
-Denda wajib dibawar selambat-lambatnya tujuh hari setelah diterima keputusan ini.
-Pengulangan terhadap pelanggaran terkait akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat termasuk atau namun tidak terbatas larangan tanpa penonton.
-Terhadap keputusan ini prosedur banding sesuai dengan 115 Kode Disiplin ISC

About PusatBola

Check Also

riedl

Impian Riedl Buat Sejarah Dengan Timnas Indonesia

Alfred Riedl mempunyai misi bersama Indonesia di ajang AFF Suzuki Cup 2016. Pelatih asal Austria …

contact agen bola